Sunday, November 06, 2005

picik

Sewaktu aku cari di Yahoo!, kutemukan diantaranya dua penjelasan:
1. (Peribahasa) Seperti katak dalam (di bawah) tempurung: artinya seseorang yang wawasannya kurang luas, bodoh, picik. Orang seperti ini penglihatannya tidak luas, luasnya bagaikan luas tempurung. Ini berdasarkan Wikipedia
2. Picik merupakan kata sifat atau ajektiva yang artinya sempit, tidak lebar, tidak luas (tentang pandangan, pengetahuan, pikiran, dan sebagainya). Ini menurut kamus besar bahasa Indonesia.

Apakah aku picik? Jika tidak, itu mustahil. Jika iya, itu pasti. Aku adalah manusia biasa dan bukan nabi, pun orang suci. Pikiran, pandangan, dan pengetahuan yang aku miliki dibatasi oleh segala sisi di luarku. Aku berusaha membuka pandangan dan pemikiran, menambah pengetahuan. Tapi, itu tak akan pernah cukup menandingi dunia dan semesta ini. Jadi, perkenalkan... aku manusia picik.

No comments: